Minggu, 10 Juni 2012

Cara menggunakan Twitter

Twitter adalah salah satu jejaring sosial yang sekaligus merangkap sebagai mikroblog, Anda bisa berbagi apa saja dengan cara menggunakan twitter, bisa promosi produk, promosi blog atau bahkan anda juga bisa cara menggunakan twitter sebagai media berbagi berita dan cerita. Apalagi sekarang tweet di twitter bisa menggunakan layaan Tweet via SMS. Namun, banyak kalangan yang salah kaprah dalam cara menggunakan twitter, untuk itulah disini akan dijelaskan bagaimana cara cara menggunakan twitter dengan bijak.
Yang pertama dan nampaknya paling utama adalah, jangan pernah tweet  yang berhubungan dengan kekesalan anda pada salah satu pihak baik itu perorangan ataupun instansi. cara mempercepat koneksi internet
Yang kedua, jangan share profile pribadi anda di twitter, seperti alamat email, alamat lengkap, atau bahkan nomor handphone.
Yang Ketiga, Pisahkanlah akun twitter pribadi anda dengan akun bisnis anda, sekalipun itu hanyalah akun untuk website anda. hal ini dimaksudkan agar tweet yang anda lakukan tidak bercampur antara tweet untuk bisnis dengan tweet pribadi.
Yang keempat, Jangan sembarangan untuk follow orang yang tidak anda kenal atau bahkan mencurigakan, karena bisa jadi akan merugikan anda dikemudian hari. usaha modal kecil
Dan cara yang terakhir adalah Jangan menggunakan nama samaran untuk akun twetter anda, gunakanlah nama asli anda untuk menghindarkan anda dari penipuan yang mengatasnamakan anda.
Cara cara menggunakan twitter
Sebelum tahu Cara cara menggunakan twitter dengan benar anda harus tahu dulu cara membuat twitter atau daftar twitter agar ketika membaca ini bisa nyambung. Cara cara menggunakan twitter dengan benar sebenarnya mudah sekali yaitu dengan mengetahui maksud simbol-simbol atau maksud bahasa  yang ada di dalam twitter tersebut.
1. Following
Berarti bahwa teman/orang yang kita ikuti untuk setiap aktivitas dan update di twitternya tersebut, sebagai followingnya kita akan menerima apapun update status yang dia lakukan dan aktifitasnya.
2. Follower
Maksudnya di twitter adalah orang yang mengikuti kita dan menambahkan kita sebagai teman, nanti mereka akan menerima setiap pembaharuan status kita yang terupdate.kalo anda pengguna fb pasti faham akan ini.
3. ReTweet
Men-tweet ulang status orang lain atau menerbitkan status orang tersebut di status kita. Hal ini dilakukan dengan berbagai alasan mungkin untuk mengomentari statusnya tersebut, atau sekadar mempublikasikan ulang statusnya tersebut karena statusnya menarik atau memberi inspirasi dan bermanfaat buat folower kita. investasi emas
4. Reply
Untuk melakukan balasan, cukup klik ‘Reply’ yang terletak persis dibawah kotak pengisian tweet. Artinya kita akan membalas atau merespon status orang tersebut.
5. Trending Topic
Topik / isu yang lagi hot atau sedang hangat dan ramai dibicarakan di twitter.
6. Direct Message
Sering pula disebut DM, adalah pesan personal, seperti message di Facebook. Pesan ini tidak terpublikasikan di timeline (wall kalau di Facebook), jadi hanya kita saja yang bisa membacanya.
 7. Favorites
Dipakai untuk menyimpan tweet tertentu yang diinginkan (karena kita sukai tentu saja).
D Twitter kita tak bisa upload foto dengan berbagai kreasi seperti di Facebook. Namun banyak yang mengatakan bahwa menulis setatus di Twitter lebih nyaman dari pada yang di Facebook.
Info Lainnya :
Beikut ini adalah tutorial cara cara menggunakan twitter, serta tips dan trik cara menggunakan twitter. Cara paling mudah cara menggunakan twitter adalah mengenal apa itu Twitter? dan simbol serta istilah-istilah di Twitter. Pastinya tips ini bukan untuk mereka yang sudah mahir, tips ini bagi sobat yang mingkin baru saja bersentuhan dengan jejaring sosial yang satu ini, mungkin karena sibuk, belum mood, dan sebagainya. Buat yang belum punya twitter bisa di lihat disini cara membuat twitter.
Ok langsung saja, Twitter tidak jauh beda dengan Facebook dan situs jejaring sosial ( Social network) lainya, yaitu bertujuan untuk saling berbagi informasi untuk semua. Di Twitter kita hanya bisa membuat status sebanyak 140 karakter / kata, jadi harus pintar-pintar memilih kata, ada baiknya di singkat yang penting bisa dan mudah di pahami.
Twitter
@ adalah simbol yang ditulis didepan nama pengguna lain agar tweet yang dimasukkan diterima oleh pengguna tersebut atau untuk share status kita pada nama pengguna yang kita beri simbol. Sobat  bisa berinisiatif menggunakan simbol ini pada sahabat, partner, atau rekan bahkan folower kita,  sehingga mereka akan menerima tweet kita. Simbol ini juga secara otomatis akan terpakai jika sobat akan me-reply tweet seseorang. usaha kecil
Contoh pemakaian:
@Fandy Have a nice day bro!
@Vvanews Ini beritanya manteb banget, cekidot ahh..!!!
@nytimes: India Tightens Tourist Visa Rules http://bit.ly/7StSRO
# (disebut hash tag) adalah simbol yang ditulis di depan topik tertentu agar pengguna lain bisa mencari topik sejenis yang ditulis oleh orang lain.
RT adalah simbol untuk istilah ReTweet. Dengan menggunakan simbol RT berartisobat menerbitkan ulang tweet orang lain dalam profil kita sendiri dan biasanya diikuti dengan nama orang yang membuat tweet pertama kali.
Untuk melakukan retweet, caranya sangat sederhana. Dibawah setiap tweet seseorang, pasti ada tombol ReTweet. Nah, klik saja tombol tersebut, maka tweet secara otomatis akan muncul di profil kamu, dengan format RT @pemilik_tweet [isi tweet]. Contoh: RT @DuniaKomputer trik untuk mengakali RTO (request time out) http://bit.ly/aHjKO
Disamping itu, kamu juga bisa menggunakan RT ketika memberikan komentar terhadap tweet seseorang. Dalam hal ini, kamu memakai RT untuk mengingatkan bahwa komentarmu itu terkait dengan tweet yang kamu RT (soalnya di Twitter tidak ada komentar yang tersusun secara threaded kayak di Facebook). Contoh: Coba kau petik satu, mungkin salah satu diantaranya adalah aku hehe.. RT @khalid Hari ini aku melihat banyak bintang.
OH (singkatan dari OverHeard) adalah simbol yang kita pakai untuk menuliskan tweet milik orang lain pada status kita tetapi kita tidak ingin mencantumkan siapa yang menuliskannya. Jadi, OH sama dengan RT, cuma nggak dicantumkan penulis tweet-nya. OH ditulis di depan tweet yang ingin kita masukkan. cara menggunakan twitter
Contoh pemakaian: OH Inidia foto hot n macho pemain bola duni
HT (singkatan dari HeardThrough) adalah simbol yang kita pakai untuk menuliskan tweet berdasarkan sesuatu yang kita dengar dalam kehidupan nyata. HT ditulis di depan tweet yang ingin kita dimasukkan.
Nah itulah beberapa istilah dan simbol dalam Twitter dan bagai mana cara menggunakannya. Dengan memahami istilah tersebut maka sobat pasti akan mengerti dan mahir Bagaimana Cara Cara menggunakan twitter dengan baik dan Benar.
Cara Menambah Teman / Mencari Teman di Twitter

Bagaimana cara mencari dan menemukan akun teman di Twitter dan mengikutinya (follow). Caranya adalah dengan:
klik Find People.
Ada empat pilihan. Pertama, Browse Suggestions (melihat saran Twitter mengenai orang terkenal, ahli atau pakar di bidang yang kita sukai, misalnya Entertainment.
Jika kita “mengikuti” orang, tweet orang tersebut akan muncul di halaman Home Twitter kita.
Kita bisa mengikuti (follow) dan berhenti mengikuti (unfollow) orang ini kapan saja.
Kedua, Find Friends (menemukan teman atau kontak di email yang sudah memakai Twitter dengan memberi Twitter akses ke email Gmail, Yahoo atau Aol milik kita).
Ketiga, Invite by email, (undang teman-teman ke Twitter memakai e-mail mereka), dan
Keempat, Find on Twitter (temukan orang, organisasi atau perusahaan yang sudah ada di Twitter dengan mengg Kalau anda pengguna Blackberry plus juga fans setia twitter, jangan lewatkan beberapa aplikasi twitter untuk blackbbery berikut ini yang bisa lebih mendekatkan anda dengan para follower ataupun anda bisa terus stay uptodate dengan status update dari orang-orang atau perusahaan yang anda follow.
Twitterberry
Sebuah aplikasi twitter untuk blackberry yang tak diragukan lagi kemampuannya dan bahkan menjadi aplikasi twitter yang paling banyak digemari. Dengan penampilannya yang simple dan clean anda bisa terus mengikuti friend timeline, public timeline dan bahkan direct messages plus replies.
SocialScope
Aplikasi twitter yang satu ini baru seumur jagung namun telah menjadi trend dan hit di kalangan pengguna blackberry. Dengan SocialScope anda bisa ber-Twitter ria di Blackberry anda plus kalau anda pengguna Facebook, SocialScope juga punya kemampuan untuk melihat status update dari teman-teman anda di fesbuk ataupun anda bisa mengupdate status anda sendiri. Kalau anda pengguna twitter dan facebook maka SocialScope bisa menjadi alternatif  yang patut dipertimbangkan
BlackBird
Kalau aplikasi twitter yang satu ini cukup simple karena hanya dalam mode text saja. Cocok bagi anda yang ingin mengakses twitter dengan menu-menu yang sederhana tanpa perlu melihat avatar friend atau follower anda.

Twibble
Sebuah aplikasi blackberry dengan berbagai option yang cukup lengkap, mulai dari themes, shortcut keyboard sampai kepada GPS for Tweet dan juga auto refresh
Ada banyak aplikasi blackberry untuk mengakses twitter di blackberry anda, contoh lain adalah Viigo dan BbTweet namun yang pasti setiap orang punya pengalaman dan kenyaman tersendiri dalam mengakses twitter di blackberry, so pilihan aplikasi yang cocok untuk blackberry ada di tangan anda sebagai pengguna Blackberry. Yang terpenting mungkin jangan sampai anda ketinggalan status update  dari orang yang anda follow ataupun jangan sampai follower anda kehilangan info terkini dari anda. Untuk tetap uptodate dengan info dari tasikisme.com seputar Blackberry dan Twitter jangan lupa masukkan email anda di bawah ini.
Gunakan nama pengguna (Twitter di Indonesia sedikit demi sedikit mulai banyak digemari, mungkin setelah sedikit bosan dengan Facebook, maka para netter (terutama mungkin pengguna Blackberry) pun mulai mencari alternatif komunikasi lain selain Facebook, dan Twitter menjadi pilihan yang memang banyak digemari. Tak hanya itu di televisi-televisi Indonesia  pun kita mulai menambahkan Twitter (Disamping Facebook dan YM) sebagai sarana komunikasi interaktif antara pemirsa televisi dengan acara yang sedang berlangsung.
Apakah Twitter itu? Sebuah pertanyaan sederhana, lalu apa bedanya dengan Facebook atau Friendster? dan  bagaimana cara menggunakannya?
Twitter adalah Miniatur Blog (Mikro Blogging)
Mikro Blogging adalah sebuah update singkat tentang sesuatu (entah itu sebuah kejadian, yang sedang dijalani atau berita update) yang disajikan dalam karakter singkat. Kalau anda pengguna Facebook, mungkin tak asing lagi dengan yang namanya Status Update, nah kegiatan utama di Twitter adalah tak jauh berbeda dengan status update tersebut. Dengan twitter anda bisa mengupdate status anda, sehingga para pengikut (follower) anda bisa mengetahui apa, dimana atau sedang apa anda saat menulis status tersebut.
Mikro Blogging telah menjadi alternatif bagi orang yang ingin sebuah blog tapi tidak ingin nge-blog. Sebuah blog pribadi akan berisi berbagai informasi yang penting yang memang layak untuk disajikan ke khalayak umum, namun kenyataannya tidak semua orang suka menulis yang panjang dan lebar atau menerangkan secara detil tentang sesuatu. Suatu waktu anda hanya ingin mengatakan pada teman-teman atau kalayak umum “Habis Nonton Film Transformer dan Ternyata Filmnya sangat mengesankan” Cukup seperti itu untuk mengungkapkan kekaguman anda pada film Transformer  dan  anda memang tidak berniat menulis ringkasan atau sinopsis film tersebut secara panjang dan lebar, seperti halnya yang banyak di bahas di Blog-blog.
Nah, Twitter pun hadir untuk kegiatan micro blogging seperti ilustrasi diatas, anda bisa menginformasi sesuatu secara singkat dan padat, tanpa perlu atau harus menjelaskan secara panjang dan lebar. Cukup subjek atau hal yang paling penting saja.
Twitter adalah sebuah Social Messaging
Dengan adanya kemampuan untuk mengikuti orang (Follow People) ataupun mempunyai pengikut (Follower) maka Twitter pun telah menjadi semacam social messaging, dimana kita bisa berkomunikasi dengan orang-orang yang menjadi pengikut kita atau dengan orang yang kita follow. Dengan adanya Twitter kita bisa dengan cepat dan mudah berkomunikasi dan mengumpulkan orang atau teman-teman kita. Cukup kita update Twitter “Kumpul di Kampus jam 18.00”, maka semua orang (pengikut ataupun teman-teman) kita bakal secara serentak menerima informasi tersebut, dan akhirnya kegiatan kumpul-kumpul pun bisa terkoordinasi dengan baik.
Twitter adalah Penyampai Berita Singkat nan Cepat
Kalau anda mem-follow orang-orang terkenal atau sebuah stasiun televisi misal CNN, maka andapun akan menerima berita terkini dengan singkat dan cepat, sehingga anda bisa terus uptodate dengan berbagai berita dan kejadian dari seluruh penjuru dunia lewat Twitter.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar